Jumat, 13 Januari 2017

Cara merawat kucing persia

sumber: artikelmerawarkucing@blogspot.co.id


Merawat Kucing Persia 

cara memandikan kucing persia
merawat kucing persia
Merawat kucing persia itu di bilang mudah tidak di bilang juga tidak, sedang sedang aja kali ya, yang terpenting adalah kita haru mengetahui bagamana merawat kucing persia yang baik, kalau boleh di katakan antara biaya perawatan dengan harga jual kucing harus sebanding. Saat ini kucing persia menjadi kusing yang paling populer, pembabawaannya yang elegan serta bersahaja menjadikankucing ini mempunyai daya tarik tersendiri, di Indonesia sendiri di bandingkan jenis kucing ras lainnya, kucing jenis ras persia banyak di gemari dan di pelihara.

Negara Iran merupakan tempat asal dari kusing persia, kenapa persia sebab pada waktu dulu negara iran bisa di sebut juga negara persia. Kucing persia telah menyebar di seluruh penjuru dunia seperti Inggris dan Amerika, bahkan kucing ini menjadi primadona peliharaan yang banyak di gemari masyarak di penjuru dunia, Saat ini ada 4 jeni kucing persia yang banyak di kenal di penjuru dunia yaitu : kucing persia himalaya, flatnose, peaknose dan jenis medium. Sementara itu kucing tipe peaknose merupakan kucing yang paling di gemari dan di sukai karena bentuknya yang sangat lucu, untuk harga anak kucing persia tipe peaknose saat ini di banrol sekitar 4 jutaan, otomatis bila di butuhkan perawatan yang sangat extra.

Merawat Kucing persia yang Benar

Untuk Pemula yang ingin merawat kucing persia terkadang merasa bingung tentang bagaimana cara merawat kucing yang harganya cukup fantastis ini? bisa bisa kucing yang kita pelihara bukan nya tumbuh sehat melainkan mati jarena salah perawatan, kucing persia mempunyai physiques yang unik, terlebih di bagian hidung yang memerlukan perawatan sangat extra, bagi anda pemula mungkin anda bisa mengikuti tips merawat kucing persia di bawah ini.

Silahkan saksikan video tentang merawat kucing Persia dengan baik di bawah ini:


Merawat kucing persia 3 bulan

1, Dapatkan Kucing Dari Penjual Terpercaya
Nah Looh kenapa membahas penjual kucing, bukan kah ini sedang membahas merawat kucing persia..? di sini  lah yang cukup penting saat kita akan mengadopsi kucing persia, sebab jangan buang uang untuk seekor anak kucing yang belum di ketahui bagaimana kualitas induknya, sebab ini akan menjadi Bom waktu untuk kita, jangan jangan nantinya kucing yang kita adopsi dari sumber yang abal abal akan memjadikan masalah di kemudia hari nanti.

2. Merawat kucing Persia sampai 20thn
secara kebiasaan bahwa umur kucing berkisar antara 10 s/d 15 tahun, yang bisa membedakan adalah bisa melampaui angka tersebut dengan cara memberikan tingkat kesehata pada kucing yang baik, perlu di ketahui bahwa kucing persia yang dirawat dengan baik dan penuh kasih sayang bisa menikmati hidup hingga 20 tahun, untuk itulah rajinlah membersihkan kucing terutama pada bagian hidung, mata, telinga dan bulu kucing serta memberikan nutrisi yang cukup untuk kucing, dan tentu ini akan menjadi motivasi anda untuk bisa merawat kucing persia agar bisa sehat.

3, Berikan Tempat Yang terbaik
Lokasi penempatang kucing menjadi hal yang penting dalam merawat kucing persia, dimana perlu di ketahu bahwa jenis kucing persia tida bisa terlalu lama di luar rumah, bulu kucing bisa lembek karena udara yang lembab serta cuaca yang dingin hal ini juga bisa membuat kucing merasa tidak nyaman, karean kucing ini merupakan kucing yang berasal dari padang pasir di Iran maka tempat yang kering menjadi tempat yang cocok untuk lokasi pemeliharaan kucing seprti di dalam rumah, Sekarang pondasi merawat kucing sudah anda ketahui sekarang ki lanjutkan tentang bagaimana cara perawatan kucing

4. Sikat Dengan halus di beberpa bagian Kucing
Kucing persia mempunya bulu yang cukup lebat, hal ini menuntut kita sebagai pemilik agar selalu merapihkannya dengan cara menyisir bulu kucing dengan menggunakan sisir yang agak jarang, kucing akan merasa stress dan tidak nyaman jika bulunya terlihat tidak rapih, dalam menyisir bulu kucing usahakan menjangkau bagian tubuh yang susah di jangkau oleh kucing seperti pada bagian ekor, leher dan kaki hal ini bertujuan agar kutu dan kuman bisa hilang, lakukan penyisiran secara rutin misalnya setiap hari selama lebih kurang 15 menit, dan satu lagi yang cukup penting usahakan sikat gigi kucing setiap hari, agar sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.

5. Berikan Nutrisi Selain Daging
Tidak ada yang menyangkal bahwa daging dan ikan menjadi makanan pavorit kucing termasuk juga kucing persia, tetapi apakah kucing persia bisa menjadi vegetarian alias tidak di kasih makan dagin ataupun ikan? bisa saja boleh saja kucing persia di kasih makan vegetarian yang di campur dengan wheatgrass, ini malah bagus karena bisa menghindari kucing dari kelebihan berat badan, tetapi yang perlu dingat dalam meberikan makanan vegetarian jangan terlalu frontal atau sekaligus, harus bertahap kareana ini menyangkut masalah pencernaan kucing yang cukup sensitif, kebanyaka kucing persia jenis longhair yang bisa menerima makanan vegetarian, tetapi kita masih harus meberukan nutrisi berupa protein dan asam amino yang banyak terkadung pada ikan dan daging.

6. Mandikan Kucing dengan Teratur
Pada jenis kucing kampung mandi merupakan hal yang paling tidak di sukai, tapi lain halnya dengan kucing persia. Jenis kucing persia sangat membutuhkan air untuk bisa menghilangkan kuman yang menempel pada bulu kucing saat kucing sedang bermain, jadi kucing persia harus mandi dua kali sehari..? Tergantung ya, mengapa saya bilang tergantung... ya sebab kucing persia mempunyai kebiasaan bermain di kolong kolong, untuk itu bisa anda perhatikan apakah anda perlu memandikan kucing anda atau tidak, atau jika anda ragu mungkin minta saran kepada dokter hewan menjadi solusinya

6. Bersihkan Area sekitar mata
Area sekitar mata menajdi daerah yang sensitif, karean mata kucing persia sering berair yang membuat area sekitar mata ada kerak an, dan ini akan membuat kucing akan terkena infeksi bakteri yang seri terlihat dari perubahan warna wajah, dan jenis kucing  persia peaknose yang sering banya mengalami hal ini di bandingkan jenis kucing persia lainnya, dan untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan tisu basah yang sudah di basahi dengan air hangat lalu lap area mata yang berkerak dengan perlahan dan lembut sampei bersih jangan sampe terkena mata, sebab bisa mendatangkan masalah baru.

7. Kucing Persia Mudah mengalami penyakit ginjal
Hampir 40%-50% bisa terkena penyakit ginjal terutama ginjal polikistik, penyakit ini sering menyerang kucing yang beumur 3-10 tahun, gejala kucing persia yang terkena penyakiy ginka polikistik di antaranya adalah, deprsi, apatis dengan semua jenis perawatan si empunya, berat badan menurun dengan drastis, dan yang lebih mengkhatirkann lagi adalah bahwa penyakit ini sampe sekarang belum ada obatnya, sehingga anda harus mencegah sebelum penyakit ini menjakit ke kucing peliharaan anda dengan cara merawat kucing persia anda dengan sangat baik..

8. Jangan Overfeeding
Jangan terlalu memberi makan kucing persia terlalu banyak atau sering, karena hal ini akan mengakibatkan kucing mengalami gangguan pada pencernaannya seperti terkena diare atau muntah. di samping itu pemberian makan yang terlalu banyak bukan membuat tubuh kucing persia anda gemuk sebaliknya dapat mengakibatkan penurunan berat badan karena di sebabkan perut kucing persia yang sensitif.

9. Bersihkan Lubang Hidung secara teratur
Gangguan pernafasan sering di alamai oleh kucing persia, terkadang kucing persia bernafas melalui mulut karna ada penyumbatan pada hidungnya, untuk mengatasi hal ini lakukan pembersiaha lubang hidung kucing secara teratur dengan menggunakan cotton bud dengan perlahan, infeksi sinus atau firus influenza dapat di cegah jika anda rutin membersihkan lubang hidung kucing anda.

10.  Bersihkan Telinga Secara rutin
Ambil tisu basah lalu sekakan bagian dalam telinga secara perlahan ini wajib di lakukan nagi pemilik kucing persia agar kotoran yang menempel di telinga bisa hilang dan kucing bisa terhindar dari penyakit

Merawat kucing persia hamil


Tips Merawat kucing persia yang sedang hamil merupakan tantangan yang sangat besar, karena salah salah bukan membuat kehailan kucin persia sehat malah membuat kehamilan kucing bermasalah seperti terjadinya keguguran atau bayi kucing yang lahir prematur,
Mungkin resiko di atas bisa di minimalisir jika kita tau metode merawat kucing persia yang sedang hamil, ini caranya

  1. Kucing persia yang sedang hamil jangan di mandikan, jika terpaksa karena ada sesuatu hal cukup di lap dengan menggunakan leap basah saja, itupun jangan di lakukan terlalu sering.
  2. jangan memegang bagian perut kucing, jika anda ingin memegang kucing anda yang lagi hamil cukup dengan mengelu elus nya saja secara perlahan dan lembut
  3. Jangan ingin menggendong kucing yang sedang hamil sebab hal ini beresiko keguguran karena tersentu bagian bagian sensitif dari kucing, jika terpaksa harus menggendng, untuk memindah kan kucing dari suatu tempat maka ambilah kucil secar perlahan jangan sampe memegang secara kasar apalagi sampe kucing terjatuh.
  4. Berikan suasana senyaman mungkin kepada kucing yang sedang hamil, udsahakan jangan memberikan tindakan yang bisa membuat kucing kaget.
  5. Selalu berikan vitamin secara teratur
  6. Sediakan makanan kucing yanga banyak mengandung gizi yang lebih, sebab kucing hamil banyak membutuhkan asupan makanan yang lebih di bandingkan kucing yang tidak hamil, dan perhatikan kualitas makanan yang di berikan kepada kucing, jangan sampe kualitas makanan yang sudah jelek di berikan kepada kucing persia yang sedang hamil.
  7. Berikan kandang yang nyaman kepada kucing untuk menghindari gangguan dari hewan lain, dan jangan lupa berikan alas tidur di dalam kandang tersebut.
  8. Untuk Menghindari stress, berikan kasih sayang dan perhtaian yang cukup kepada kucing anda.
  9. Selalu bawa kucing anda ke dokter hewan untuk mengecek kesehatan kehamilan kucing anda terutama janinnya, dan tanyakan informasi penting seputar kehamilan kucing



Demikianlah uraian singkat merawat kucing persia mudah mudahan berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar