Jumat, 13 Januari 2017

Tempat wisata di bandung

sumber: irfanfaridh@blogspot.co.id


Siapa yang belum pernah ke Bandung? Untuk orang Jakarta dan sekitarnya hampir semua sebagian lah ya pernah berkunjung atau bahkan sering mampir di Bandung ini, terbukti mulai dari Jumat sampai Minggu, Bandung selalu dipenuhi oleh Plat B, bahkan Plat B sendiri lebih banyak dari Plat D :p Apa sih yang bikin mereka sering ke Bandung? Punya apa sih Bandung ini? 

Bandung tentu punya banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi baik oleh kaum muda ataupun untuk keluarga. Bandung mempunyai wisata alam, budaya, belanja, dan tentunya kuliner! Saking banyaknya, saya pun yang orang Bandung asli, belum sempat mengunjungi semua tempat wisata yang ada di Bandung. Namun, disini saya akan memberikan beberapa tempat wisata di Kota Bandung yang wajib dikunjungi, karena tempat-tempat inilah yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Bandung, jadi belum ke Bandung nih kalo belum ke beberapa tempat wisata Bandung di bawah ini, check this out! :D

1. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu (Sumber)
Gunung Tangkuban Perahu merupakan lokasi wisata paling favorit di sekitar Bandung, buktinya setiap weekend, lokasi wisata ini selalu dipadati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak juga wisatawan dari luar kota yang berbondong-bondong menuju kesini. Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki kawah yang sangat besar, sehingga siapapun yang melihatnya secara langsung akan tertakjub. Untuk mencapai puncak gunung ini sudah terdapat jalan raya sehingga dapat dicapai menggunakan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor. Cuaca disini agak dingin, jadi janganlah lupa bawa jaket ya!

2. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater (Sumber)

Tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu terdapat banyak lokasi pemandian air panas di daerah Ciater. Pemandian air panas ini merupakan lokasi favorit wisatawan pada saat malam hari, karena cuacanya yang dingin dan sudah selesai dari semua aktivitas, berendam di pemandian air panas merupakan aktivitas yang cocok dilakukan saat malam hari. Ada beberapa pemandian air panas seperti Ciater Spa Resort, Kunang-kunang, dan Gracia. Rata-rata harga untuk berendam sekitar Rp 25.000 - Rp 50.000 tergantung lokasi pemandian air panasnya.

3. Floating Market

Floating Market Lembang (Sumber)
Masih di sekitar Lembang, di dekat pusat Lembang terdapat tempat makan yang unik untuk didatangi bersama keluarga. Untuk menuju Floating Market ini terbilang mudah karena banyak papan petunjuk yang mengarahkan ke Floating Market ini. Floating Market ini terdapat banyak makanan dan jajanan khas Bandung yang dijual oleh penjual di atas air menggunakan perahu, unik bukan? Cuaca di Floating Market ini sangat sejuk karena berada di dataran tinggi dan pemandangan sekitarnya pun sangat fresh, sangat cocok sekali untuk refreshing bersama keluarga.

4. Dusun Bambu

Dusun Bambu (Sumber)
Dusun Bambu ini terletak di daerah Sersan Bajuri, daerah yang mau ke arah lembang. Di Dusun Bambu ini terdapat banyak spot-spot cantik untuk berfoto, dimulai dari danau yang terdapat cottage di pinggir-pinggirnya, cafe bertema sangkar burung, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke Dusun Bambu ini tiketnya seharga Rp 10.000/orang. 

5. Dago Pakar

Dago Pakar (Sumber)
Dago Pakar terletak di sebelah utara Kota Bandung. Dago Pakar ini merupakan lokasi wisata favorit warga Bandung untuk kabur dari rutinitas sehari-hari di kota. Disini terdapat banyak spot wisata mulai dari Gua Belanda, Gua Jepang, Tebing Keraton, dan Hutan Juanda. Dago Pakar ini masih berada di wilayah Kota Bandung, tetapi saat berada disana kalian akan merasakan atmosfer yang sangat berbeda dengan di kota, karena di lokasi tersebut masih banyak pohon-pohon yang rimbun bahkan bersenderan dengan Hutan Juanda yang masih alami sehingga membuat udara di sekitar Dago Pakar sejuk.

6. Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya (Sumber)
Tidak jauh dari Dago Pakar, terdapat Air Terjun Maribaya yang bisa dicapai dengan melakukan trekking sejauh 5 km dari Gua Belanda di Dago Pakar. Air Terjun ini adalah air terjun paling hits se Kota Bandung, selain mempunyai landscape  yang indah, air terjun ini juga memiliki debit air yang besar, sehingga membuat suara di sekitar air terjun gemuruh. Kita bisa mendekat ke air terjun tersebut menggunakan jembatan yang terletak persis di dekat air terjun tersebut.

Baca Juga: 

5 Tempat Wisata Alam yang Anti Mainstream di Sekitar Bandung

7. Pangalengan

Pangalengan (Sumber)
Pangalengan ini memiliki tempat yang istimewa untuk saya, kenapa? Pangalengan ini memiliki alam yang luar biasa indahnya. Kebun teh, pegunungan, danau, semua ada disini. Untuk mencapai Pangalengan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Bandung. Pengelangan mempunyai wisata-wisata favorit seperti Situ Cileunca, Perkebunan Teh Malabar dan Situ Cisanti yang baru terkenal awal-awal ini. Selain wisata alamnya Pangalengan terkenal dengan susu KPBSnya dan juga wanitanya yang cantik-cantik #eh.

8. Kawah Putih

Kawah Putih (Sumber)
Kawah Putih terletak di daerah Ciwidey, 2 jam perjalanan dari Kota Bandung. Kawah Putih ini memiliki landscape yang luar biasa indah, untuk kalian yang fotografi, Kawah Putih ini merupakan spot yang tepat untuk mengambil foto. Terdapat hamparan kawah yang luas di tengah Kawah Putih ini, kadang muncul kabut dan asap dari kawah tersebut yang menimbulkan pemandangan yang cantik dan juga pemandangan sekitar yang masih alami membuat Kawah Putih mempunyai keindahan tersendiri bagi wisatawan.

9. Situ Patenggang

Situ Patenggang (Sumber)
Situ Patenggang ini terletak tidak jauh dari Kawah Putih. Situ itu artinya danau dalam bahasa Sunda. Danau ini memiliki keindaha yang tak kalah cantiknya dengan Kawah Putih. Bedanya Kawah Putih lebih indah dilihat saat cuaca cerah, tapi Situ Patenggang lebih indah saat cuaca mendung. Kenapa ya? Karena saat mendung biasanya kabut turun ke danau sehingga menimbulkan kesan mistis bahkan cenderung romantis sendu, apalagi kesini bareng dengan pacar. Lengkap!

10. Caringin Tilu

View dari Caringin Tilu (Sumber)
Caringin Tilu terletak di daerah Cicadas. Untuk mecapai Caringin Tilu, kalian harus menuju Saung Angklung Mang Udjo, darisana kalian tinggal lurus terus ikuti jalan sampai terdapat banyak warung-warung yang menghadap ke kerlap-kerlip Bandung dari bukit ini. Terdapat juga Warung Daweung yang terletak di bukit paling tinggi disini, letaknya 15 menit lagi perjalanan dari warung-warung tersbut. Di Warung Daweung ini kita bisa melihat Kota Bandung lebih jelas dan lebih atas dibanding warung-warung tadi. Di Warung Daweung ini atau yang terletak di Bukit Moko sekarang sering dijadikan spot untuk menikmati sunrise ataupun sunset di Kota Bandung.

11. Punclut 

Punclut (Sumber)
Punclut ini tipikalnya sama dengan Caringin Tilu, kita bisa melihat Kota Bandung dari atas bukit. Namun bedanya di Punclut ini suasanannya lebih ramai dan terdapat lebih banyak tempat makan bahkan restora. Untuk mencapai Punclut kalian bisa mengambil arah ke daerah Ciumbuleuit, disana bisa tanya-tanya ke warga arah Punclut kemana. Rata-rata makanan di Punclut berkisar dari Rp 10.000-Rp 35.000 per porsi. Makan di Punclut sangat nikmat karena menikmati hidangan sambil ditemani cuaca yang dingin, makan pun semakin lahap.

12. Alun-Alun Kota Bandung

Alun-alun Bandung (Sumber)
Setelah mempunyai Wali Kota yang baru yaitu Kang Emil, wisata-wisata di tengah Kota Bandung dipoles sehingga tidak kalah menariknya dengan wisata-wisata yang ada di sekitar Bandung seperti Lembang dan Ciwidey. Sekarang Alun-Alun Kota Bandung menjadi daya tarik wisatawan karena arsitekturnya yang unik dan menarik serta mempunyai unsur sejarah yang kental karena keberadaan Gedung Asia Afrika yang bersejarah. Di sekitar Alun-Alun Kota Bandung pun terdapat area Sungai Cikapundung dan taman-taman lainnya yang dipoles oleh Kang Emil untuk dijadikan tempat wisata di tengah Kota Bandung. 

Selamat mencoba dan berlibur di Bandung ya! Hatur nuhun dan wilujeung sumping di Bandung!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar