Jumat, 13 Januari 2017

Makanan khas kalimantan timur

Makanan Khas Kalimantan Timur
 http://www.slawog.net/makanan-khas-kalimantan-timur.html


Bubur pedas
makanan-khas-kalimantan-timur
Salah satu makanan yang patut dicoba ketika berkunjung ke kota Kalimantan Timur adalah bubur pedas. Bubur ini awalnya merupakan makanan khas Kalimantan Barat namun seiring perkembangannya bubur ini juga menjadi salah satu makanan wajib di kota ini. Pada awal mulanya hanya keluarga kerajaan sajalah yang menikmati bubur pedas ini. Dinamakan bubur pedas bukanlah jenis bubur yang menggunakan biji cabai. Namun bubur ini merupakan salah satu bubur yang sangat lengkap dengan banyaknya rempah-rempah yang ada didalamnya. Cara membuat bumbu rempah yang ada pada bubur pedas ini ada beberapa bahan seperti bahan utama kelapa yang disangrai dengan beberapa bahan lainnya. Beberapa jenis bahan lainnya yang digunakan yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, kunyit, adas, daun salam, jinten, sereh, lada hitam, lengkuas dan masih banyak lainnya sesuai dengan selera. Untuk mengetahui rasanya silahkan Anda mencicipi mengenai makanan khas Kalimantan Timur ini.

Ayam Cincane
ayam-cincane-kaltim
Apabila Anda memiliki kegemaran mengkonsumsi daging ayam maka silahkan mencicipi makanan khas Kalimantan Timur ayam cincane. Masakan ini sangatlah terkenal dan merupakan salah satu makanan andalan yang dimiliki kota ini karena sangat lezat. Bahkan makanan ini telah menjadi warisan secara turun temurun yang diwarisakan dari generasi ke generasi. Menu ini dihidangkan sebagai menu utama pada saat adanya pernikahan di kota Samarinda. Ketika Anda melihat dari warnanya akan terlihat kemerahan yang merupakan salah satu jenis masakan yang sangat nikmat. Terlebih apabila Anda mengkombinasikan dengan lalapan dan nasi putih panas. Biasanya apabila dilihat sekilas makanan ini seperti ayam bakar yang ada di rumah makan padang. Sehingga Anda tak perlu khawatir mengenai rasanya karena sangat nikmat.

Nasi Bakepor
nasi-bekepor-kaltim
Kuliner yang satu ini merupakan jenis makanan yang sangat erat hubungannya dengan nasi. Makanan khas Kalimantan Timur ini memiliki kombinasi nasi, ikan asin, minyak dan juga rempah-rempah pilihan. Biasanya nasi ini akan dimakan berdampingan dengan daging masak bumi hangus dan sayur gangan asam kukar. Apabila Anda tertarik maka telah disedikan hampir di semua resto yang ada di kota Samarinda. Anda tak perlu khawatir untuk kesulitan dalam menemukan makanan ini.

Amplang
amplang-kaltim
Makanan ringan yang merupakan camilan khas kota Samarinda yang sangat terkenal adalah Amplang. Anda bisa membeli sebagai oleh-oleh untuk sanak famili ketika berkunjung ke kota ini. Amplang adalah makanan khas Kalimantan Timur yang sangat unik karena memiliki bentuk yang khas seperti kuku macan. Apabila Anda berkunjung ke kota ini maka tak akan kesulitan menemukan dan membelinya karena banyak toko oleh-oleh yang menjualnya. Selain menjadi salah satu makanan yang sangat digemari makanan ini juga merupakan primadona karena rasanya yang lezat.

Nasi kuning
nasi-kuning
Nasi kuning kita sering mengenal di Pulau Jawa khususnya Jogjakarta namun ketika Anda berkunjung ke kota Kalimantan Timur. Maka salah satu kuliner yang sangat terkenal adalah nasi kuning dengan berbagai lauk yang disajikan. Anda pun akan menemukan dan bisa menikmati nasi kuning di kota Kalimantan Timur yang sangat enak.

Lemang
lemang
Lemang memang merupakan makanan orang Melayu seperti Malasia namun kota Kalimantan Timur pun memiliki makanan yang sama karena kita satu rumpun. Makanan ini terbuat dari ketan yang dimasak dalam bambu yang sebelumnya dilapisi dengan daun pisang. Sehingga ketan tidak lengket ketika dikeluarkan. Dalam masyarakat Samarinda atau pun suku Dayak makanan ini biasanya dijadikan sebagai sesaji pada tiap upacara adatnya. Namun berbeda pada masyarakat Muslim yang menjadikan lemang ini sebagai makanan yang ada pada tiap hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Lemang ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan rendang dan dimasak dengan menambahkan jagung. Pada beberapa resep yang dimiliki beberapa masyarakat Kalimantan Timur menambahkan jagung sebagai campurannya. Apabila orang yang tinggal di kota Jogjakarta makanan ini hampir sama dengan lemper. Namun lemper ini biasanya diolah dengan cara merebusnya untuk memasak apabila lemang di masak dengan bambu.

Lempok durian
lempok-durian
Untuk membawa oleh-oleh dari kota Kalimantan Timur bisa membawa lempok durian. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang biasanya apabila disebut didaerah lainnya sebagai dodol. Dodol ini menggunakan bahan utamanya berupa durian. Namun tak menutup kemungkinan apabila Anda ingin menggunakan bahan utama lainnya sebagai lempok. Yang sangat terkenal dari lempok di Samarinda Kalimantan Timur adalah buah durian sebagai bahan utamanya.

Abon Kepiting
abon-kepiting
Bagi Anda yang menyukai abon sebagai makanan pendamping nasi bisa memilih Abon Kepiting sebagai makanan yang dapat dibawa sebagai oleh-oleh dari Kalimanta Timur. Anda dapat menggunakan abon kepiting yang sangat mudah dijumpai di kota ini.

Kue Ilat Sapi
kue-ilat-sapi
Dalam bahasa Indonesia kue ilat sapi adalah kue lidah sapi yang sangat terkenal rasanya enak dan bisa menjadi rekomendasi apabila Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh. Bahan utama makanan ini adalah tepung dan juga gula jawa. Kue ini menjadi salah satu makanan yang sangat melegenda yang dapat dijadikan sebagai kudapan ketika Anda lapar menanti waktu makan.

Keminting
keminting
Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai makanan ini maka bahan dasarnya adalah tepung sagu. Biasanya makanan ini sangat disukai karena salah satu makanan keluarga. Sehingga biasanya banyak diburu saat berada disana. Untuk itu silahkan untuk mengkonsumsi keminting apabila Anda ingin mengkonsumsinya sebagai camilan sehat.

Bolu Gulung Durian Panglima 
bolu-gulung-durian
Makanan terakhir yang tak kalah lezatnya adalah bolu gulung durian panglima. Makanan ini merupakan salah satu jenis bolu yang menggunakan campuran buah durian didalamnya. Apabila Anda membelinya sebagai oleh-oleh biasanya bolu ini hanya bertahan paling lama tiga hari. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai oleh-oleh luar kota. Namun tentunya apabila Anda menyimpannya di dalam kulkas tentunya akan bertahan lebih lama. Sehingga Anda patut mencobanya ketika berada di sini. Telah disebutkan mengenai beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang sangat terkenal sehingga Anda dapat mencobanya sesuai dengan selera

1 komentar:

  1. " Welcome to my website "
    Ingin Dapat Penghasilan Tambahan Yuk Join Di Situs Liga Bintang dan raih kemenangan besar hanya modal ribuan saja,capek kalah mulu main slot tunggu apalagi? yuk main dan dengan 1 ID bisa mainkan semua game dan pastinya aman & Terpecaya,
    Instagram : ligabintang(.)id


    PROMO Yang berlaku Di WWW.PARLAYBINTANG.ORG :

    - Bonus Deposit Setiap Hari 10%
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Cashback Slot MIngguan 5%
    - Bonus Refrensi Mingguan Di Permainan Sportbook 2,5%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
    - Bonus Rollingan Poker 0.2%

    Join di LIGA BINTANG dan mainkan semua game hanya menggunakan 1 user id ,Pastinya No ribet dan nikmati pelayanan tercepat dan ramah tanpa tanding,cus claim bermacam macam bonus menarik nya dan raih kemenangan besar sekarang juga
    Whatsapp : +62 821 3257 3276
    Instagram : ligabintang.id

    Info Untuk Pendaftaran Dan Info Lebih Lanjut
    Silahkan Add WHATSAPP Kami Yah..

    BalasHapus