Jumat, 13 Januari 2017

Tempat wisata palembang

Sumber: bangmamadi@blogspot.co.id

Wisata Palembang - Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kota terbesar kedua di pulau sumatera. Kota yang pernah menjadi ibukota kerajaan terbesar di Asia Tenggara ini memiliki pesona dan keindahan yang dapat membuat perjalanan wisata ke kota ini menjadi lebih indah. Bumi Sriwijaya seakan-akan memiliki magnet tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
Kota Pelembang merupakan kota yang bersih, hal ini dibuktikan dengan beberapa kali meraih adipura sebagai kota metropolitan terbersih di Indonesia. Kota tertua di Indonesia ini menyimpan pesona baik dari segi alam, budaya maupun kuliner. Siapa yang tak kenal dengan pempek, makanan khas dari Palembang ini telah menjadi kuliner yang begitu nikmat di lidah dan populer di seluruh Indonesia.
Kota yang dijuluki Venice Of The East ini juga merupakan kota Olahraga, hal ini ditunjukkan dengan berbagai event internasional yang diselenggarakan seperti Sea Games, Piala Asia, Asian Games 2018 dan beberapa kegiatan lainnya. Begitulah potensi dan keindahan Palembang yang mampu terangkat menjadi daerah yang begitu populer di Indonesia melalui keseriusan pemerintah melakukan pembangunan di setiap sektor. 
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Palembang, kali ini Bang Mamad akan mengulas tempat-tempat wisata yang meanrik dan favorit di Kota Palembang. Simak ulasannya !

1. Jembatan Ampera

sumber : Instagram @fleacha
Ini dia Landmark kota Palembang yang begitu megah sepanjang 1.177 meter yang melintas di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Jembatan yang dibangun oleh tenaga ahli dari Jepang ini, memiliki pemandangan indah di malam hari. Lampu-lampu yang menyala pada malam hari sungguh cantik dengan aliran air sungai musi dan aktivitas masyarakat sekitarnya yang semakin menambah daya tarik jembatan ini. Arsitektur yang cantik ditambah dengan banyaknya kuliner yang sedap di sekitar ampera membuat jembatan ini menjadi tujuan favorit warga menghabiskan waktu di sore hari.


2. Sungai Musi

 
sumber : www.satyawinnie.com
Sungai terpanjang di pulau sumatera yang membelah kota Palembang ini memiliki daya tarik tersendiri. Sungai yang panjangnya sekitar 75 kilometer ini menjadi salah satu objek wisata utama kota Palembang. Menariknya, di sungai ini terdapat Rumah Rakit, yaitu rumah tradisional khas Palembang. Pada hari kemerdekaan Indonesia berbagai perayaan digelar seperti perlombaan perahu (bidar), kontes menghias perahu, perlombaan berenang menyeberangi sungai dan lain-lain. 
Bagi Anda yang ingin berlama-lama menikmati panorama sungai musi, Anda dapat menyewa penginapan di sekitar sungai Musi dengan tarif yang bervariasi antara Rp.250.000,- sampai Rp.5.000.000,-. Sedangkan untuk keperluan makan, wisatawan tidak perlu bingung karena di tempat ini terdapat banyak rumah makan, baik yang ada di pinggir sungai atau di rumah terapung.


3. Benteng Kuto Besak

sumber : www.pesonaindonesia.com

Benteng peninggalan kesultanan Darussalam ini berdiri kokoh di pinggiran Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Menurut sejarah, bangunan benteng ini dibangun dengan menghabiskan waktu 17 tahun untuk membangunnya. Benteng ini merupakan kebanggaan masyarakat Palembang karena merupakan benteng terbesar dan satu-satunya yang terbuat dari batu sebagai saksi keberhasilan mereka melawan bangsa Eropa. Berada di benteng ini tersa begitu nyaman karena sangat bersih. Selain itu, bagi Anda pencinta wisata sejarah benteng ini merupakan objek wisata yang harus Anda kunjungi karena sangat kaya sejarah. Dari tempat ini Anda akan melihat pemandangan indah sungai musi dengan segala aktivitasnya.
4. Gedung Kantor Walikota


sumber : nationalgeographic.co.id
Kantor walikota Palembang merupakan bangunan bersejarah yang memiliki arsitektur bergaya khas eropa. Bangunan unik ini berwarna putih ini dibangun tanpa atap seperti bangunan khas eropa lainnya. Dulunya, bangunan ini merupakan menara air yang memasok kebutuhan air pemerintah Hindia Belanda pada masa itu. Pada malam hari, bangunan yang memiliki tinggi 35 meter ini sangat cantik dan ramai dikunjungi muda mudi yang ingin menghabiskan malam.


5. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I 



Masjid Agung kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan ini  merupakan salah satu objek wisata religi yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Masjid yang mampu menampung limabelas ribu jamaah ini terletak di Jl. Jend. Sudirman, 19 Ilir, Palembang. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik yaitu perpaduan antara arsitektur yakni Nusantara, China dan Eropa. Masjid ini memiliki fasilitas lengkap dari area parkir yang luas sampai pepustakaan islam yang tertata rapi. Jadi, jika Anda ke Palembang masjid ini cocok menjadi tempat persinggahan Anda untuk beribadah.

6. Pulau Kemaro

Pulau yang berlokasi tidak jauh dari jembatan ampera ini atau tepatnya berjarak 6 kilometer. Daya tarik dari pulau ini adalah pagoda berlantai 9 dan sebuah kelenteng unik yang ada sejak zaman dahulu. Pulau ini juga dijuluki pulau jodoh dan ada sebuah pohon yang dinamakan pohon cinta. Hal tersebut karena adanya legenda sepasang kekasih yang senantiasa melekat dalam cerita ketika Anda berkunjung ke pulau ini.

7. Hutan Wisata Punti Kayu


sumber : www.pergiberwisata.com

Taman wisata ini merupakan objek wisata alam yang berada di Palembang yang mampu memberikan kesejukan karena pepohonan rindang di dalamnya. Dulunya hutan ini merupakan hutan lindun namun saat ini sudah menjadi objek wisata yang terbuka untuk umum. Dengan tiket masuk sebesar Rp5.000, anda dapat menikmati berbagai wahana wisata seperti arena bermain, kebun binatang, kolam renang, arena menunggang kuda, menaiki gajah, fasilitas outbound, jembatan gantung, pondok-pondok untuk duduk-duduk atau piknik serta wilayah perkemahan.

8. Waterboom OPI Jakabaring



Ogan Permata Indah Water Fun Jakabaring merupakan salah satu tempat wisata dengan wahana air yang lengkap. Lokasinya berdekatan dengan gedung olahraga Jakabaring. OPI water fun ini memberikan fasilitas yang baik dan lengkap, mulai dari arena permainan wahana air nya, disana ada 5 macam permainan, yaitu permainan anak – anak, Slide Tower, Dolphin Pool, Adventure River, dan Splash Zone. Pada bagian Permainan anak – anak, itu ada 2 macam permainan, yaitu : Rainbow Castle, dan Kiddie Pool. Sedangkan untuk Arena Slide Tower, mempunyai 4 jenis permainan, antara lain adalah : Rapid Falls, Smash Down, Boogie Blast, dan Boom Blazer.


9. The Amanzi Waterpark Citra Grand City



Objek wisata yang terletak di Jalan Alang-alang Lebar Talang Kelapa, Kompleks Perumahan Citra Grand City, Kota Palembang ini merupakan wahana wisata keluarga yang mulai dibuka pada Agustus tahun 2011. Waterpark yang memiliki luas 3,5 hektar ini memiliki berbagai wahana seperti kolam arus, seluncuran berbagai bentuk dan ketinggian, serta berbagai tipe kolam renang untuk segala usia yang dilengkapi dengan Giant Water Slide dan Racer Slide seperti laguna, outbond dan kolam spa. Harga tiket mulai dari 50.000 sampai dengan 100.000 tergantung pada hari apa Anda berkunjung.


10. Masjid Cheng Ho Palembang



Masjid dengan arsitektur bangunan khas Tionghoa ini terletak berseberangan dengan Jakabaring sportcity. Masjid ini mampu menampung sekitar 600 orang jamaah. Masjid unik ini layak jadi tempat Anda singgah untuk beribadah sembari menikmati keindahan arsitektur dan sejarah yang begitu kaya.

11. Kawah Tengkurep



Kawah tengkurep merupakan lokasi kompleks pemakaman yang tertata rapi dan indah. Tempat ini dijadikan tempat wisata karena memiliki sejarah yang begitu besar tentang kesultanan Palembang. Lokasinya hanya berjarak 100 meter dari sungai musi. Tempat ini sangat cocok bagi Anda para pencinta sejarah.

12. Palembang Square



Nah, bagi Anda pencinta wisata tak lengkap rasanya jika tak berbelanja. Palembang Square merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan teramai. Selain wisata belanja pengunjung juga dapat menikmati wahana hiburan yang tersedia seperti bioskop dan wahana lainnya.


13. Taman Purbakala Bukit Siguntang



Bukit Siguntang merupakan sebuah bukit kecil, tempat inilah disemayamkan 7 orang raja-raja Kerajaan Sriwijaya yang telah meninggai. Bukit yang memiliki ketinggian 30 meter ini memiliki beberapa penemuan benda-benda sejarah seperti arca dan benda sejarah lainnya.

14. Restoran Sri Melayu di Demang Lebar Daun


sumber : www.ampera.co

Bagi Anda penikmat wisata kuliner, restoran ini merupakan tempat wajib yang harus Anda kunjungi. Makanan yang tersedia ialah pindang ikan patin, Pindang Udang, Pindang Ikan, Pindang Belido, Pindang Udang, Pindang Salai, Pindang Tulang, Pindang Baung. Lokasinya adalah Jalan Demang Lebar Daun No. 1, Kota Palembang. Walaupun enak, harga makanan di sini tidak terlalu mahal.


15. Restoran Riverside di Benteng Kuto Besak




Ingin menikmati makanan lezat sambil menikmati pemandangan indah dari jembatan ampera dan sungai musi, mungkin restoran ini cocok Anda jadikan tujuan objek wisata kuliner Anda. Jalan yang beralamat di jalan Temon Ilir Barat II ini memilki menu maknan yang sangat enak. Rasanya sangat bersahabat dengan lidah siapa saja yang datang. Hmm, sulit digambarkan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar