Jumat, 13 Januari 2017

Makanan khas aceh


Makanan Khas Aceh Paling Enak dan Mantab 

http://sobatinfo.com/makanan-khas-aceh/


1. Sate Matang

kuliner khas aceh Sate Matang
Makanan Khas Indonesia memang didominasi oleh menu sate dan ada banyak daerah yang memiliki kuliner khas berupa sate, termasuk Aceh. Sate Matang sebagai salah satu makanan khas Aceh yang berjenis sate. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate matang tidak dilumuri dengan bumbu kacang sebagai sausnya tapi ada kuah khusus yaitu kuah soto yang disiramkan ke sate. Kenapa kuliner khas Aceh ini dinamakan dengan sate matang? Ternyata asalnya dari daerah Matang, Kabupaten Bireuen Aceh. Rasanya enak dan super lezat serta sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

2. Ayam Tangkap

ayam tangkap makanan khas aceh
Bagi sobat yang baru mendengar, mungkin namaya terdengar lucu, nama makanan khas Aceh tersebut adalah ayam tangkap. Dari namanya pasti bahan utama makananya terbuat dari daging ayam. Dan memang benar, masakan khas Aceh ini menggunakan ayam kampung yang dipotong kecil kecil dan digoreng bersama dengan bumbu berupa cabe hijau dan daun teumur/ salam koja ataupun daun kari serta daun pandan. Aromanya khas dan wangi dari daun teumuru dan daun pandan. Semakin nikmat dan gurih karena ditaburi lagi dengan bawang goreng.

3. Mie Aceh

makanan khas aceh -mie-aceh
Makanan khas Aceh selanjutnya adalah Mie Aceh. Mie aceh adalah makanan asli Aceh yang sangat terkenal di Indonesia bahan sampai ke luar negeri. Bahkan ada wisatawan asing yang menyebut the delicious food from Indonesia is Mie Aceh. Makanya tidak heran, banyak wisatawan yang mencari keberadaan mie aceh ketika berkunjung ke Aceh. Masakan khas Aceh ini menggunakan daging sapi, kambing ataupun kepiting sebagai bahan utamanya. Mie Aceh bertekstur tebal dengan ciri rasa kari yang gurih serta pedas. Mie Aceh merupakan mie yang kaya dengan bumbu juga rempah asli Indonesia. Rasanya juga berbeda dengan mie dari daerah lain yang biasanya manis.

4. Nasi Guri

nasi gurih masakan khas aceh

Kalau mau mencari makanan khas Aceh yang terbuat dari nasi ya coba saja nasi guri. Dinamakan dengan Nasi guri karena memang rasanya gurih. Coba saja lihat bahan-bahanya dan cara pengolahannya. Bahannya dari beras yang dicampur dengan santan kelapa dan rempah rempah khas aceh. Memang ciri masakan khas Aceh adalah kaya dengan rempah rempah dan aroma masakannya harum dan nikmat. Meskipun disantap tanpa lauk saja enak apalagi disantap dengan lauk, pasti tambah nikmat. Nasi gurih biasanya disantap bersama dengan lauk berupa ikan goreng, ikan lado, telur dadar, tempe dan lain lauk lainnya.

5. Kuah Pliek U

masakan khas Aceh paling enak kuah pliek u

Bagi sobat yang hobi makan dengan makanan berkuah, ada makanan khas Aceh yang sangat terkenal akan kuahnya yaitu Kuah Pliek U. Makanan ini tidak hanya populer bagi warga lokal tapi juga bagi wisatawan asing yang datang ke Aceh pasti mencari Kuah Pliek U. Bagi masyarakat Aceh, kuah Pliek U seperti menjadi masakan yang wajib ada. Kuliner khas Aceh ini menyajikan makanan dengan isi sayur didalamnya. Kuah Pliek U merupakan makanan tradisional khas Aceh sebab makanan ini sudah ada dari zaman nenek moyang mereka. Untuk membuat kuah Pliek U dibutuhkan Pliek (istilah Aceh untuk ampas tahu) dan sayuran seperti kacang panjang, daun mlinjo, terong hijau, nangka muda dan buah mlinjo. Kuah Pliek U merupakan santapan nikmat dan lezat dan jangan sampai terlewatkan kalau sobat berkunjung ke Aceh.

6. Bu Sie Itek

kuliner aceh bu sie itek enak lezat gan

Di Aceh ada makanan khas yang terbuat dari daging bebek yaitu Bu Sie Itek artinya adalah nasi gulai bebek. Bu Sie Itek adalah makanan yang enak dan lezat, siapapun penyuka daging terutama daging bebek pasti akan ketagihan. Apalagi dengan kuah karinya yang gurih dan mantab. Bu Sie Itek Aceh biasa terdiri dari 2 macam yaitu masak puteh atau masak meurah. Kalau masak meurah, berarti dimasak dengan bumbu sehingga warnanya merah, tentu saja karena ada banyak cabe merah didalamnya. Kalau masak puteh mungkin hampir mirip dengan opor ayam, warnanya putih dan tidak pedas. Ada kemiri pada bumbu Bu Sie Itek, membuat masakan khas Aceh ini makin gurih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar